Spesial Dari Redaksi

Akar Sejarah Perang Salib

Oleh : Tim Redaksi Pustaka Al-Kautsar
 

Di antara episode perjuangan yang sangat berat dalam pentas sejarah umat Islam adalah perseteruan dengan pasukan salib di beberapa wilayah atau front pertempuran, seperti di Syam (Suriah, Palestina, Yordania, dan Libanon), di Eropa (Spanyol, Italia, Prancis, dll), dan sebagian kecil di wilayah Afrika.

Episode sejarah ini disebut oleh orang-orang Barat sebagai The Crussades (Perang Salib atau Perang Suci), dimana dua kekuatan besar dengan latarbelakang agama yang berbeda, bertemu dalam satu medan pertempuran).
 
Ini tentu episode sejarah yang sangat pahit, tetapi tentu saja ditulis oleh para sejarawan untuk diambil sebagai pelajaran. Karena, dalam setiap pertempuran, pasti lahir sosok pahlawan, sebagaimana juga akan muncul siapa yang menjadi pecundang.

Buku ini ditulis dalam sudut pandang seorang sejarawan Muslim. Selain memaparkan bagaimana akar sejarah Perang Salib, penulis juga mengupas tentang sosok-sosok para pejuang Muslim yang berada di balik panggung sejarah ini. Ada Shalahuddin Al-Ayyubi, Imadaduddin Zanki, Nuruddin Zanki, dll. 

Dikupas juga tentang motif dan latarbelakang mengapa Perang Salib itu terjadi. Kelebihan buku ini ada pada analisa-analisa yang tidak mengabaikan obyektifitas dan fakta-fakta yang ada.  Sayang jika tak Anda miliki!